PANTAI KUKUP

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km timur Pantai Baron atau berada kurang lebih sekitar 25 km ke arah selatan dari Kota Wonosari. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke Pantai Kukup jika dari Kota Yogyakarta ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam menggunakan kendaraan bermotor, baik roda empat maupun roda dua. Selain kendaraan pribadi, terdapat juga angkutan umum untuk menuju ke Pantai Kukup.
Pantai kukup termasuk salah satu pantai yang berpasir putih. Disana terdapat jalan setapak yang membelah bukit sampai Pantai Baron. Selain itu juga terdapat sebuah pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan kecil. Hamparan pantai yang cukup luas dan sangat indah dapat dilihat dari atas pulau karang tersebut.
Pantai ini kaya akan biota laut sehingga pantai ini terkenal dengan beragam ikan hias air laut yang dijualn oleh para pedagang di sepanjang pantai. Selain itu, di pantai ini terdapat gua alam yang teduh. Pantai ini mempunyai gardu pandang yang terletak di pulau terpisah, ibaratnya  jika di Bali ada Tanah Lot, maka di Kabupaten Gunung Kidul, Prov. D.I Yogyakarta ada Pantai Kukup. Di pantai ini juga terdapat pendopo cottage dengan fasilitas yang cukup memadai. Sama seperti di Pantai Baron, di setiap bulan sura di pantai ini juga diadakan sedekah laut.